Cara Mudah Merawat Kolam Renang | Pasti Bisa

Specialist swimmingpool system

Cara Mudah Merawat Kolam Renang | Pasti Bisa

Maret 31, 2020 Tips cara mudah merawat kolam renang 0
Cara mudah merawat kolam renang
Cara Mudah Merawat Kolam Renang | Pasti Bisa

Cara Mudah Merawat Kolam Renang | Pasti Bisa – Kolam renang suatu sarana olah raga air yang sangat menyenangkan, tidak hanya memberikan kesehatan, kolam renang dapat memberikan keindahan jika dirawat dengan baik dan benar. kolam renang suatu aset berharga, memiliki kolam renang pribadi dapat menjadikan suatu kemewahan bagi pemiliknya. Ingin mendapatkan hasil kolam renang yang bersih, jernih dan indah, harus secara berkala merawat kolam renang anda. Dengan menjaga segala kebersihan, pengecekan system agar berfungsi maksimal, dan mengontrol kadar clorine dan ph agar kolam renang sangat nyaman bila di gunakan. Perawatan kolam renang secara berkala ada beberapa metode khusus yang dilakukan, namun anda tidak perlu khawatir kami akan memberikan tips Cara Mudah Merawat Kolam Renang.

Tips Cara Mudah Merawat Kolam Renang | Pasti Bisa

Kami akan memberikan tips bagaimana cara perawatan kolam renang untuk mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal namun mudah dilakukan. Mari baca artikel ini hingga selesai. Agar anda dapat mempelajari bagaimana cara merawat kolam yang baik dan benar.

ALAT YANG DI GUNAKAN UNTUK MERAWAT KOLAM RENANG

Sebelum merawat kolam renang ada baiknya kalian mempersiapkan alat – alat untuk merawat kolam renang agar anda dapat mempraktekan cara ini dengan maksimal. Namun jika anda ingin mengetahui cara ini terlebih dahulu mari lanjutkan baca artikel ini.

Untuk proses merawat kolam renang ada beberapa alat untuk menunjang sebagai proses merawat kolam renang, berikut alat yang di gunakan untuk merawat kolam renang :

PERALATAN KOLAM RENANG

Vaccum head
Vaccum house
Leaf skimmer
Pool brush
Testkit
Teleskopic

Lengkapi lah peralatan kolam renang di atas karena itu perlatan penting yang sering di gunakan dalam perawatan kolam renang.

Adapun hal lain yang perlu disiapkan untuk merawat kolam renang, tidak hanya peralatan kolam renang, namun anda perlu mempersiapkan chemical obat kolam renang.

Fungsi chemical ini untuk proses oksidasi air yang terkandung partikel padatan dan zat berbahaya yang terlarut dalam air. Namun kali ini kita harus mengetahui terlebih dahulu, macam – macam chemical yang di butuhkan untuk kolam renang

CHEMICAL KOLAM RENANG

Kaporit Granular 90%
Kaporit tablet 90%
Hcl 35%
Tawas
Soda ash
Trussi
Pac

Nah setelah anda telah tau apa saja yang di perlukan untuk merawat kolam renang, sekarang saatnya sesi langkah – langkah proses perawatan kolam renang.

Kolam renang yang baru pengisian air, wajib melakukan treatment, fungsi dari treatment tentunya untuk menangkap partikel zat fisika yang terkandung dalam air dan untuk membunuh bakteri sehingga air akan tampak jenih, dan steril. Namun kali ini saya tidak mengulas bagaimana cara treatment air kolam renang.

Langkah – Langkah Cara Mudah Merawat Kolam Renang

Cara mudah merawat kolam renang

Langkah – Langkah merawat kolam renang

Untuk menghasilkan hasil yang baik, merawat kolam renang dilakukan secara berkala minimal 1 minggu 2x untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna, berikut langkah – langkah merawat kolam renang :

Langkah pertama mari kita lakukan Proses backwash dan rinse filter kolam renang, bertujuan untuk membuang kotoran yang terdapat pada filter kolam renang. Agar memaksimalkan proses vaccum. Dan tidak terjadi penumpukan kotoran pada filter yang dapat menyebabkan kotoran akan kembali lagi kedalam kolam renang, dan akan mengakibatkan kolam renang menjadi keruh. Berikut langkah langkah proses backwash dan rinse filter :

  1. Pastikan pada bagian suction pompa balvalve (STOP KRAN) telah posisi terbuka (Normal open). Bagian suction pompa terdapat balvalve (STOP KRAN) vaccum, maindrain, balancingtank Jika menggunakan system over flow. Gunakan lah salah satu untuk dapat menghisap air untuk proses backwash dan rinse.
  2. Matikan pompa sejenak lalu pastikan balvalve (STOP KRAN) jalur backwash posisi terbuka (Normal Open). Lalu putarlah hendle kepala filter ( Multi Port Valve ) kearah backwash, dan hidupkan pompa kembali. Dan tunggu lah sejenak sambil perhatikan pada gelas kaca backwash air yang keluar hingga keadaan bersih.
  3. Jika proses backwash telah selesai matikan pompa kembali, dan putar lah hendle kepala filter ( Multi Port Valve ) ke arah rinse dan hidupkan pompa kembali. Dan tunggu lah sejenak sambil perhatikan pada gelas kaca backwash air yang keluar hingga keadaan bersih.
  4. Jika proses fast rinse telah selesai matikan pompa kembali dan putar lah hendle kepala filter ( Multi Port Valve ) kearah filter.
  5. Jika proses backwash dan rinse telah selesai di lakukan mari kita lakukan langkah selanjutnya, yaitu vaccum kotoran yang berada di dasar lantai kolam renang.

Cara Mudah Vaccum Lantai Kolam Renang

Nah saat ini kalian telah mengerti bagaimana cara proses backwash dan rinse filter kolam renang sangat mudah bukan!!! namun bukan itu saja yang di kerjakan dalam merawat kolam renang, setelah hal di atas dilakukan kita lanjut sesi berikutnya yaitu vaccum lantai kolam renang. Namun sebelum kalian vaccum lantai kolam renang bersihkan terlebih dahulu kolam renang kalian dari daun atau kotoran besar lainnya menggunakan leaf skimmer dan telescopic. Agar mempermudah proses vaccum kolam renang dan mencegah terjadinya daun akan terhisap pada vaccum head yang akan mengakibatkan mampet. Oke menurut saya, kalian telah paham dengan cara – cara diatas. Mari kita lanjut proses vaccum lantai kolam renang.

Langkah – langkah Proses Vaccum Kolam renang

  1. Persiapkan alat maintenance kolam renang terlebih dahulu seperti vaccum head, vaccum hose dll.
  2. Lalu pastikan balvalve ( STOP KRAN ), Vaccum dan inlet dalam kondisi terbuka.
  3. Lalu pastikan hendle kepala filter ( Multi Port Valve ) berada posisi filter.
  4. Hubungkan vaccum head, dengan vaccum hose dan telescopic
  5. Pegang lah telescopic atau stik kolam renang dan masukan lah vaccum head kedalam air bersama dengan vaccum hose.
  6. Masukanlah secara perlahan vaccum hose kedalam air dan pastikan pada vaccum hose telah terisi air dengan penuh
  7. Pada bagian ujung yang tidak terhubung dengan vaccum head, masukan bagian ujung tersebut kedalam lubang vaccum yang terdapat pada dinding kolam renang, atau jika menggunakan system skimmer masukan ujung vaccum hose pada bagian lubang vaccum skimmer box, skimmer box umumnya terdapat pada bibir kolam renang.
  8. Dorong lah telescopic untuk mengarah kan vaccum head kebagian lantai kolam renang, dan arah kan dengan satu arah secara perlahan agar, kotoran yang terdapat di dasar air dapat tervaccum sempurna dan dapat tersaring dalam filter media kolam renang. Lakukan lah proses vaccum ini semua area dasar lantai, dan pastikan kotoran pada lantai kolam renang telah terhisap pada vaccum head.
  9. Jika proses vaccum telah selesai, rapihkan kembali peralatan kolam renang anda dan dirapihkan ketempat yang telah anda siapkan.

Oke proses vaccum telah selesai.

Lalu apa lagi ya selanjutnya !!!

Cara Membersihkan Strainer Pompa Kolam Renang

Cara mudah merawat kolam renang

Nah setelah sesi proses vaccum telah selesai kita lanjut sesi berikutnya, yaitu membersihkan strainer pompa kolam renang. Mungkin anda bertanya – tanya kenapa harus di bersihkan??? Oke tenang – tenang saya akan memberi tahu secara detail agar kalian benar benar paham cara merawat kolam renang.

Tujuan dari membersihkan strainer pompa kolam renang yaitu, mempermudah ruang gerak air pada bagian suction pompa atau hisap pompa. Setelah kita dalam proses vaccum atau pun system telah proses sirkulasi, kemungkinan terjadinya kotoran besar seperti daun dll terhisap pada vaccum pasti ada. Dan kotoran besar tadi sebelum masuk filter akan tersaring pada strainer pompa kolam renang. Maka dari itu kalian harus secara rutin membersihkan strainer pompa kolam renang anda.

LALU BAGAIMANA CARA MEMBERSIHKAN STRAINER POMPA ???

Yang mungkin sebagian dari kalian belum tahu bagaimana cara membersihkan strainer pompa kolam renang, namun anda tidak perlu khawatir saya juga akan memberi tahu bagaimana cara membersihkan stariner pompa kolam renang.

  1. Matikan mesin pompa kolam renang
  2. Tutup lah balvalve (STOP KRAN) suction pompa.
  3. Putar lah hendle kepala filter ( multi port valve ) kearah close.
  4. Lalu buka lah strainer pompa menggunakan kuncinya.
  5. Dan bersihkan kotoran yang telah tertangkap pada strainer pompa
  6. Lalu kembalikan lagi semuanya seperti sediakala, seperti balvalve jangan lupa buka kembali, hendle multi port berada posisi filter, dan pompa di aktifkan kembali.

Jika sudah SELAMAT ANDA HAMPIR SELESAI MENUNTASKAN TUGAS ANDA. Namun hampir selesai ya !!! Bukannya sudah selesaii….

Oke mari kita lanjuttt !!!!!!!

Jika pembersihan strainer pompa kolam renang, dan bagian system kolam renang telah di kembalikan lagi seperti sedia kala atau posisi normal. Alangkah baiknya kalian melakukan proses backwash dan rinse kembali, agar kotoran yang telah tervaccum dapat langsung terbuang, dan proses system sirkulasi berfungsi secara maksimal dan sempurna.

Cara mengecek kadar Clorine & Ph

Nah dalam pembahasan ini kita telah mempelajari tahap – tahap dari merawat kolam renang. Namun setelah tahap di atas telah kita pelajari, mari kita mempelajari tahap terakhir yaitu cara mengecek kadar clorine dan ph. Dan bagai mana cara menambah chemical obat kolam renang yang baik dan benar.

Kolam renang umumnya terkandung kadar clorine dan ph, dalam tingkatan clorine dan ph ideal dapat menghasilkan kolam renang yang jernih, dan nyaman di gunakan. Untuk mengetahui kadar clorine dan ph air kolam renang, dapat menggunakan alat, alat yang di maksud yaitu TESTKIT. Teskit ini alat untuk mengetahui tingkatan kadar clorine dan ph air kolam renang. Nah tidak perlu panjang lebar berikut cara mengetahui kadar clorine dan ph kolam renang.

Langkah – langkah Cek kadar Clorine & Ph

  1. Siap kan alat untuk pengecekan kadar clorine dan ph ( TESTKIT ).
  2. Isi air kolam renang yang ingin di test tingkatan kadarnya dengan batas yang telah dberikan petunjuk pada gelas, menggunakan gelas yang terdapat dalam testkit.
  3. Teteskan Liquit clorine yang berwarna kuning kedalam gelas berwarna kuning sebanyak 5 tetes, lalu teteskan Liquit ph yang berwarna merah kedalam gelas berwarna merah sebanyak 5 tetes.
  4. Lalu tutup gelas teskit dengan tutup yang telah disediakan, masing – masing clorine dan ph mempunyai tutup tersendiri. Warna kuning untuk clorine dan berwarna merah untuk ph.
  5. Lalu kocok lah secara perlahan, dan sesuaikan warna air di dalam gelas dengan ukuran angka yang terdapat pada samping gelas.
  6. Jika telah mengetahui berapa kadar clorine dan ph air kolam renang kalian. Dan selamat anda telah mengetahui bagaimana cara mengetahui tingkatan kadar clorine dan ph air kolam renang.

Jika kalian telah mengerti cara mengecek kadar clorine dan ph, selanjutnya anda perlu tahu bagaimana cara pemberian chemical agar clorine dalam tingkatan kadar ideal, agar kolam renang kalian dapat hasil yang sempurna.

CARA MUDAH PEMBERIAN CHEMICAL KOLAM RENANG

macam macam chemical kolam renang

Baru saja kalian telah mempelajari bagaimana cara mengecek kadar clorine dan ph, setelah anda telah tahu hasil dari kadar clorine dan ph yang anda cek, selanjutnya bagaimana cara memberikan chemical agar air kolam renang anda mendapat tingkatan kadar clorine dan ph yang ideal.

Clorine adalah kadungan kadar chemical yang dapat membunuh lumut, alga dan bakteri. Kolam renang umumnya membutuhkan tingkatan kadar clorine, namun untuk menghasilkan kolam yang jernih dan nyaman di gunakan, tingkatan kadar clorine harus dalam tingkatan kadar yang ideal, tingkatan kadar clorine yang ideal yaitu berkisar 1.0 – 1.5 PPM. Kandungan clorine ini dapat di naikan tingkatan kadarnya menggunakan

  • Kaporit granular 90%
  • Kaporit tablet 90%
  • Kaporit bubuk 60%
  • Kaporit cair 60%

Jika kolam renang dengan tingkatan kadar yang rendah kita dapat memberikan chemical di atas untuk menambahkan kadar clorine air kolam renang. Jika kandungan kadar clorine di angka tinggi, jangan tambahkan chemical kembali, biarkan saja dengan tejadinya penguapan dan penambahan air kolam renang, kandungan clorine akan berkurang dengan sendirinya.

PH adalah tingkatan rasa ke asaman air. Tingkatan ph yang bersifat asam jika kandungan ph yang rendah, kandungan yang dikategorikan rendah dibawah 7.2 kebawah. Sedangkan Tingkatan Ph yang bersifat basa jika kandungan ph yang tinggi, kandungan yang dapat dikategorikan tinggi di atas 7.8 keatas. Namun air kolam renang umumnya membutuhkan tingkatan kadar ph yang ideal, tingkatan ideal air kolam renang yaitu 7,6. Jika tingkatan kadar ph rendah kalian dapat memberikan chemical menggunakan.

  • Soda ash
  • Soda api

Namun jika tingkatan kadar ph tinggi kalian dapat memberikan chemical menggunakan.

  • Hcl
  • Sitrun

KESIMPULAN

Kesimpulan : ketahui lah, tingkatan kadar clorine dan ph air kolam renang terlebih dahulu. Jika anda telah mengetahui chemical apa yang di butuhkan kolam renang anda, berikan lah secara perlahan pada kolam renang untuk menyesuaikan tingkatan kadar clorine dan ph dalam tingkatan ideal.

Nah demikian pembelajaran kita kali ini mengenai CARA MUDAH MERAWAT KOLAM RENANG, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan orang lain yang membacanya. Saya akan sangat senang bila anda telah membagikan share artikel ini, agar artikel ini dapat bermanfaat untuk orang lain dan menambah wawasan kita semua.

Jika terdapat kesalahan atau kekurangan isi dalam artikel ini, saya dengan senang hati menerima komentar yang anda berikan dalam kolom komentar di bawah. Agar saya dapat memperbaiki artikel ini agar lebih baik dan sempurna.

TIRTA PERSADA

SPECIALIST SWIMMINGPOOL SYSTEM

SEDANG MENCARI JASA PERAWATAN KOLAM RENANG ???

Hubungi kami, untuk merawat kolam renang anda, kami akan memberikan pelayanan yang terbaik jika menggunakan jasa kami.

Hubung kami

Call / whatsapp

081384171746